Dinas Perkebunan Sulbar Lakukan Pendataan CPCL, Percepat Pemberian Bantuan Kelompok Tani

- 28 Februari 2024, 22:05 WIB
Dinas Perkebunan Provinsi  Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, melakukan pengambilan data Calon Penerima dan Calon Lokasi (CPCL)
Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, melakukan pengambilan data Calon Penerima dan Calon Lokasi (CPCL) /Foto/Humas Pemprov Sulbar /LINTASSULBAR

LINTASSULBAR.COM - Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, melakukan pengambilan data Calon Penerima dan Calon Lokasi (CPCL) Penerima Bantuan di dua kabupaten di Sulbar, yaitu Polewali Mandar (Polman) dan Mamasa, Jumat 23 Februari 2024.

Pengambilan data CPCL di Polman, dilakukan pada Kelompok Tani Mekar Mayang Sari di Desa Mombi, Kecamatan Alu. Kelompok tani ini diketuai Rusni Hasri, jenis bantuan yang akan diterima kelompok tani tersebut adalah Bangunan UPH Pengolahan Gula Semut atau Gula Cair.

Baca Juga: DPMPTSP Sulbar Gelar Rapat Awal Penyusunan Kajian Potensi dan Peluang Investasi di Sektor Perkebunan Kelapa

Untuk di Mamasa, pengambilan data CPCL dilakukan pada Kelompok Tani Eran Batu berlokasi di Desa Tanete Batu, Kecamatan Messawa. Kelompok tani ini, diketuai Darius Oba dan bantuan yang akan diberikan berupa Bangunan Pengering Biji Kopi (Solar Dryer). Selain di desa tersebut, pengambilan data CPCL juga dilakukan di Desa Lembana Salulo, Kecamatan Mamasa, tepatnya pada Kelompok Tani Siulu yang diketuai Efraim.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Dinas Perkebunan Sulbar, Hermanto mengatakan, persiapan data CPCL dan percepatan pelaksanaan kegiatan pemberian bantuan diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan menambah kesejahteraan petani.

Baca Juga: Dinas Perkebunan Bersama PT. Mars Indonesia Dorong Pengembangan Kakao Berkelanjutan di Sulbar

Disampaikan, untuk percepatan dan pengawasan pelaksaaan kegiatan itu, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Perkebunan Polman dan Dinas Perkebunan Mamasa, sehingga bantuan yang akan disalurkan tepat sasaran dan memastikan bantuan yang disalurkan tersebut benar-benar dimanfaatkan kelompok tani yang menerima bantuan.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Perkebunan Sulbar, Herdin Ismail meminta pengambilan data CPCL dan percepatan persiapan pelaksanaan pemberian bantuan untuk kelompok tani tersebut harus secepatnya dilaksanakan.

"Ini untuk memaksimalkan produk olahan kelompok tani yang menerima bantuan, karena dengan adanya bantuan ini diharapkan produk olahan mereka bisa lebih berkualitas dan bisa mendatangkan manfaat serta hasil olahan yang lebih baik lagi, seperti bantuan solar dryer untuk pengering kopi, dengan bantuan ini akan mempercepat waktu pengeringan kopi dan biji kopi yang dihasilkan juga lebih berkualitas," kata Hardin Ismail.***

Editor: Wahyuandi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x