Gubernur Bank Sentral ASEAN+3 dan Kenkeu RI Sepakat Perkuat Kerja Sama Keuangan

- 4 Mei 2023, 13:00 WIB
pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral kawasan ASEAN+3 ke-26, di Incheon, Korea Selatan, Selasa 2 Mei 2023. /ANTARA
pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral kawasan ASEAN+3 ke-26, di Incheon, Korea Selatan, Selasa 2 Mei 2023. /ANTARA /

 

LintaSulbar, Jakarta - Negara yang tergabung dala ASEAN+3 sepakat memperkuat kerja sama keuangan di kawasan. Kesepakatan ini terjadi saat pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Kawasan ASEAN+3 ke-26, di Incheon, Korea Selatan, Selasa 2 Mei 2023

 Penguatan kerja sama ini antara lain dilakukan dengan mendorong penyelesaian transaksi dalam mata uang lokal masing-masing negara atau Local Currency Transaction.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi gejolak sektor perbankan baru-baru ini di Amerika Serikat (AS) dan Eropa, meski memiliki dampak rambatan yang terbatas di ASEAN+3.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengatakan penguatan kerja sama keuangan dilakukan melalui inisiatif di bawah Regional Financing Arrangements (RFA) Future Direction, Chiang Mai Initiative Multilateralisation (CMIM), ASEAN+3 Macroeconomic Research Office (AMRO), serta Asian Bond Markets Initiative (ABMI).

Kemudian, melalui pembiayaan risiko bencana (Disaster Risk Financing/DRF) dan ASEAN+3 Future Initiatives termasuk pembiayaan infrastruktur, kajian studi pada fasilitas non pembiayaan, DRF, serta kajian studi beberapa tema strategis atas digitalisasi keuangan, keuangan berkelanjutan, utang korporasi, utang rumah tangga, dan transaksi mata uang lokal (Local Currency Transaction/LCT).

Pertemuan tersebut diselenggarakan di bawah mitra Keketuaan (co-chairmanship) Menkeu RI Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki, dan Gubernur Bank Sentral Jepang Kazuo Ueda.

Adapun Presiden Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB), Direktur AMRO ASEAN+3, Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN, dan Deputi Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) pun turut hadir.

Pada pertemuan itu, Menkeu RI Sri Mulyani menyampaikan pertumbuhan ekonomi ASEAN+3 cukup kuat, yakni sebesar 3,2 persen pada tahun 2022, terlepas dari efek pandemi COVID-19 yang masih ada dan konflik Rusia-Ukraina yang meningkat menjadi krisis.

Halaman:

Editor: Muh. Syahrul Gunawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x