Pertumbuhan Ekonomi di Sulbar Masuk 5 Besar Tingkat Nasional, Salah Satu Keberhasilan Pj. Gubernur Sulbar

- 7 Mei 2024, 09:15 WIB
Pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat (Sulbar) masuk lima besar tingkat Nasional, Sulbar berhasil melampaui rata rata nasional, bahkan menjadi terbaik kelima dari seluruh provinsi di Indonesia
Pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat (Sulbar) masuk lima besar tingkat Nasional, Sulbar berhasil melampaui rata rata nasional, bahkan menjadi terbaik kelima dari seluruh provinsi di Indonesia /Foto/Humas Pemprov Sulbar /LINTASSULBAR

LINTASSULBAR.COM - Pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat (Sulbar) masuk lima besar tingkat Nasional, Sulbar berhasil melampaui rata rata nasional, bahkan menjadi terbaik kelima dari seluruh provinsi di Indonesia. Keberhasilan ini, tentu tidak lepas dari kinerja Pj. Gubernur, Zudan Arif Fakrulloh.

Jubir Pemprov Sulbar, Mustari Mula mengatakan, pencapaian ini tentu tidak lepas dari pendampingan Zudan Arif Fakrulloh kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta harmonisasi dan sinergi yang terbangun antara Pemprov dan Forkopimda. Sebab itu sepatutnya Sulbar bersyukur atas capaian Sulbar saat ini.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi di Sulbar, Tertinggi ke-5 di Indonesia

"Alhamdulillah, pertumbuhan ekonomi Sulbar masuk lima besar nasional, dengan capaian tersebut menjadi optimisme kedepan Sulbar bisa lebih baik lagi," kata Mustari Mula, Senin 6 Mei 2024.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Perekonomian Sulawesi Barat tumbuh sebesar 6,02 persen YoY pada triwulan I 2024. Pertumbuhan Sulawesi Barat ini tercatat di atas pertumbuhan nasional dan merupakan urutan ke-5 pertumbuhan tertinggi di Indonesia.

Dari sisi lapangan usaha, sumber pertumbuhan tertinggi pada perekonomian Sulawesi Barat periode ini yaitu Sektor Pertanian dan Industri Pengolahan yang mampu tumbuh masing-masing sebesar 3,68 persen dan 13,65 persen.

Sedangkan dari sisi pengeluaran, komponen yang cukup berperan mendorong pertumbuhan ekonomi, adalah komponen konsumsi rumah tangga dan PMTB yang juga masing-masing tumbuh sebesar 5,58 persen dan 6,55 persen.

Di antara komponen pengeluaran yang memberikan kinerja cukup baik, adalah konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah. Konsumsi rumah tangga sangat dipengaruhi oleh pendapatan masyarakat yang meningkat dan inflasi yang terkendali.

Sedangkan konsumsi pemerintah, sangat dipengaruhi oleh realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negera (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang memiliki kinerja cukup baik.***

Editor: Wahyuandi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah