Alhamdulillah, Jalan Poros Mamuju-Mamasa Akhirnya Tembus Kini Sudah Bisa Diakses, Tetap Hati-hati

- 24 Mei 2024, 00:36 WIB
Setelah terturup longsor selama berjam-jam, jalan poros Mamuju-Mamasa akhirnya terbuka
Setelah terturup longsor selama berjam-jam, jalan poros Mamuju-Mamasa akhirnya terbuka /Foto/ Screnshoot vidio /LINTASSULBAR

LINTASSULBAR.COM - Setelah terturup longsor selama berjam-jam, jalan poros Mamuju-Mamasa akhirnya terbuka. Arus Lalulintas kembali normal sejak pukul 23.30 Wita, setalah dilakukan pembersihan oleh pihak Balai Jalan Sulawesi Barat (Sulbar) bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupten Mamasa dan Badan Pananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamasa.

Sebanyak lima unit alat berat berupa eskavator dan juga loder, melakuan pembersihan material longsor yang menutup ruas jalan di sejumlah titik, sejak 22 Mei hingga saat ini. Sehingga, longsor besar yang terjadi di wilayah Kecamatan Aralle dan Kecamatan Mambi, Kabupten Mamasa, akhirnya bisa dilalui kendaraan.

Baca Juga: Pasca Bencana Longsor, 4 Kecamatan di Mamasa Ditetapkan Tanggap Darurat Bencana

Bencana longsor tersebut terdapat di beberapa titik, di sepanjang jalan poros. Namun, dua diantaranya terjadi longsoran besar yakni di Desa Uhailanu, Kecamatan Aralle dan Desa Bujung Manurung, Kecamatan Mambi.

Beberapa titik longsor yang menyebabkan akses jalan tertutup, sudah bisa silalui. Hal tersebut tidak lepas dari upaya dan kerja keras dari berbagai pihak, baik dari Balai Sulawesi Barat, PUPR, BPBD dan TNI-Polri.

Baca Juga: Hendak Melahirkan, Ibu Hamil di Mambi Terjebak Longsor di Jalan Poros Mamuju - Mamasa, Sempat Ditandu

Kepala BPBD Kabupten Mamasa, Gusti Hermiawan mengatakan, terbukanya akses Mamuju-Mamasa yang sempat lumpuh total, merupakan hasil kerja keras dan upaya dari semua pihak. Sehingga, arus Lalulintas kembali normal.

"Iya sudah terbuka, ini berkat kerja keras dari berbagai pihak," kata Kepala BPBD Kabupaten Mamasa, Gusti Hermiawan, Jumat 24 Mei 2024 dini hari.

Meski demikian, pihaknya menghimbau kepada para pengguna jalan agar tetap berhati-hati saat melewati jalur Mamuju-Mamasa, sebab struktur tanahnya yang sangat rawan terjadinya longsor. Apalagi, kondisi cuaca yang sangat ekstrem.

Halaman:

Editor: Wahyuandi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah