Belum Tembus, Akses Jalan Poros Nasional Mamuju-Mamasa Masih Tertutup Total

- 23 Mei 2024, 17:52 WIB
Bencana longsor yang terjadi di wilayah Desa Bujung Manurung, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) masih tertutup total
Bencana longsor yang terjadi di wilayah Desa Bujung Manurung, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) masih tertutup total /Foto/LINTASSULBAR /Wahyuandi

LINTASSULBAR.COM - Bencana longsor yang terjadi di wilayah Desa Bujung Manurung, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) masih tertutup total. Hingga saat ini, kendaraan dari kedua arah sama sekali belum bisa melintas, lima unit alat berat berupa eskavator dan loder masih berada di lokasi kejadian untuk membersihakan material longsor.

Kepala Badan Penanggung Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamasa, Gusti Hermiawan mengatakan, upaya pembersihan telah dulakukan lakukan sejak Rabu 22 Mei sampai saat ini. Namun, kondisi cuaca ekstrem menjadi kendala dalam proses pembersihan di sejumlah titik yang terjadi bencana longsor.

Baca Juga: Longsor Mamasa, 5 Unit Rumah Terdampak, 2 Diantaranya Hancur

Hingga saat ini, aparat TNI-Polri masih berada di lokasi kejadian untuk melakuan pengawalan terhadap proses pembersihan, yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Balai Provinsi Sulbar serta APBD Kabupten Mamasa.

"Sampai saat ini akses masih tertutup, alat berat masih sementara bekerja di sejumlah titik longsor," kata Gusti Hermiawan, Kamis 23 Mei 2024.

Meski demikian, pihaknya optimis proses pekerjaan cepat selesai hingga arus Lalulintas kembali normal seperti biasanya. Sebab, sudah sehari semalam para pengendara menunggu sampai akses jalan bisa kembali normal.

Baca Juga: Bencana Longsor di Saluassing Mamasa, Warga Terpaksa Mengungsi ke Pondok Sawah

"Kita upayakan secepatnya tembus, kendalanya karena di wilayah ini masih terus terjadi hujan lebat, sehingga memperlambat proses pembersihan material longsor yang menutup seluruh badan jalan," kata Gusti.

Semantara itu Komandan Kodim 1428 Mamasa, Letkol Iril Syahdar mengimbau kepada seluruh pengendara, agar tetap berhati-hati saat bepergian utamanya saat hendak melalui jalur yang terdampak longsor di wilayah Kecamatan Mambi.

Halaman:

Editor: Wahyuandi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah